Kemenag Gelar Bimtek Falak MABIMS 2018

By Admin

nusakini.com--Kementerian Agama menggelar bimbingan teknis (bimtek) ilmu falak bagi utusan negara MABIMS (Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, dan Singapura) tahun 2018. Bimtek digelar di Bali, 16 – 18 Juli 2018. 

Bimtek Falak MABIMS 2018 ini mengangkat tema “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Falak di Negeri Serantau”. Kegiatan ini diikuti 30 peserta Bimtek Falak, terdiri dari: 12 Anggota MABIMS wakil dari Brunei Darussalam, Malaysia dan Singapura, serta Penyuluh Agama Islam Daerah dan Pusat. 

“Pertemuan berharga ini, utamanya ditujukan sebagai ajang silaturrahim para pegiat Falak. Selain itu, dimaksudkan pula untuk memperkuat kembali niatan, komitmen serta integritas kita semua dalam pengembangan pengetahuan di bidang hisab rukyat, di Indonesia khususnya, maupun di antar sesama Negara serantau,” pesan Amin di Bali, kemarin.

Mantan Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo ini menyampaikan langkah-langkah Kementerian Agama dalam meningkatkan kualitas layanan hisab rukyat di Indonesia. Upaya tersebut antara lain membenahi regulasi, memperkuat manajemen, serta menumbuhkan budaya profesionalisme. “Kami juga melakukan pengembangan sarana prasarana, dan hal ini diperuntukkan guna meningkatkan kualitas layanan hisab rukyat di masa-masa mendatang,” ungkap Amin. 

Guru Besar Ilmu Hadis ini berharap kegiatan Bimtek Ilmu Falak ini dapat memperkuat ukhuwah Islamiyah dan keharmonisan sosial antarbangsa anggota MABIMS.  

Hadir dalam pembukaan, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bali, Kasubdit Hisab Rukyat & Syariah Bimas Islam, serta Dosen Ilmu Falak UIN Walisongo Semarang. (p/ab)